Cara mengetahui Batu Ruby asli (Natural)

Batu Ruby asli atau natural memiliki warna merah yang hidup dan bersinar. Batu Ruby palsu sering kusam: warnanya "ringan tapi tidak terang." Jika Batu Ruby lebih merah gelap, maka itu mungkin garnet dan bukan batu ruby. Dalam segi warna batu Ruby, merahnya lebih konsisten di sepanjang batu. Batu ruby natural memiliki batu yang sangat keras. Menggiling kuku atau koin ke permukaan "ruby" dan lihat apakah Anda bisa menggaruknya. Jika ruby menunjukkan goresan, maka ada kemungkinan bahwa itu bukan batu ruby asli. Hanya berlian yang bisa menggores batu rubi.

Periksa Batu Ruby dengan kaca pembesar 10 daya. Gunakan pembesar perhiasan atau mikroskop standar. Jika Anda tidak memiliki akses ke alat pembesar bertenaga tinggi, pertimbangkan untuk bertanya kepada teman atau laboratorium setempat. Jika tidak, kunjungi saja toko perhiasan. Tujuan untuk melihat batu Ruby dengan kaca pembesar adalah untuk melihat inclusi atau serat batu (Crack) yang ada di dalam batu Ruby tersebut.
 Serat Batu Ruby Natural
Serat Batu Ruby Natural
Batu ruby palsu yang dibuat di lab dibuat hampir selalu tanpa cacat. Sedangkan batu Ruby natural memiliki kecacatan kerena dibentuk oleh alam. Jika Anda melihat gelembung dalam bentuk apapun yang ada dalam batu Ruby kemungkinan batu ruby tersebut palsu. Carilah kekurangan selain gelembung.

Batu Ruby natural memiliki Kelemahan luar (blemishes) meliputi goresan, lubang, torehan, dan goresan kecil. Kelemahan internal (inklusi) dikategorikan sebagai: retak (bulu) kristal, kristal negatif, sutra, sidik jari, lingkaran cahaya, rongga, keripik, dan zona warna.

Kenali jenis-jenis batu Ruby palsu dan bukan jenis batu Ruby.
  • Batu yang biasa digunakan sebagai tiruan Batu Ruby meliputi Garnet, Turmalin, Kaca, dan permata komposit.
  • Garnet adalah tiruan, mineral silikat merah tua. Batu tersebut jauh lebih lembut (tidak keras) daripada batu rubi.
  • Tourmaline adalah mineral silikat merah kemerahan. Tourmaline sedikit lebih keras daripada garnet, tapi jauh lebih lembut dari pada ruby.
  • Imitasi kaca berwarna merah biasanya murah, tapi tidak terlalu awet. Batu Ruby terbuat dari kaca mudah untuk diketahui, kerena batu tersebut tanpa serat batu.
  • Rubi komposit adalah Batu Ruby asli yang telah disatukan dengan kaca. Hal ini membuat batu lebih besar. Awas! Rubi komposit sering dijual sebagai ruby asli sebebatnya tidak.

Untuk lebih memastikan bahwa batu ruby itu asli, maka bawa batu Ruby tersebut ke perhiasan profesional. Pada akhirnya, cara teraman untuk memastikannya adalah dengan membayar seorang profesional untuk melihat permata tersebut. Dia seharusnya bisa memberi tahu Anda apakah ruby itu asli atau tidak. atau cari tahu toko perhiasan terkemuka di kota Anda. Pertimbangkan untuk melihat ulasan online sebelum Anda mengunjungi toko perhiasan. Periksa apakah pelanggan lain puas dengan keakuratan analisis orang ini.

Pastikan Batu Ruby bersertifikat keaslian batunya. Toko perhiasan berlisensi dapat memberi Anda sertifikasi resmi bahwa ruby Anda adalah asli.  Sertifikat Batu Ruby akan bertindak sebagai bukti yang melegitimasi jika Anda memutuskan untuk menjual batu ruby.

Sertifikat Batu Ruby Anda untuk kepentingan asuransi. Jika Anda pernah kehilangan batu ruby dalam bencana atau percampuran lain, Anda akan cenderung menerima kompensasi atas kehilangan itu jika Anda bisa membuktikan bahwa Anda kehilangan batu ruby yang sebenarnya. Jika Anda berencana untuk menyimpan Batu Ruby, simpanlah itu sebagai pusaka keluarga. Ketika keluarga atau teman Anda suatu hari mewarisi batu Ruby, itu akan jauh lebih berharga jika disertifikasi. Anda juga akan menyelamatkan mereka dari kesulitan melalui langkah-langkah yang sama untuk menentukan apakah batu rubi itu asli.

Postingan populer dari blog ini

Batu Ruby

Manfaat dan Khasiat Batu Ruby