Perhiasan Batu Ruby

Batu Ruby telah digunakan sebagai batu permata selama berabad-abad, dapat dilihat dalam berbagai gaya, Kebanyakan dijadikan perhiasan Batu Ruby. Batu Ruby adalah bahan tahan lama yang bisa dipakai setiap hari seperti cincin, anting, kalung dan sebagainya. Dalam perhiasan bergaya India, rubi  sering dicampur dengan zamrud dan berlian. Pengaturan emas memberikan kontras yang mencolok dengan warna merah ruby.

 Perhiasan Batu Ruby

Karakteristik kejernihan khas Batu Ruby meliputi inklusi mineral tipis yang disebut jarum. Bila mineral itu rutil dan jarum ada pada kelompok berpotongan, itu disebut sutera. Serat batu (garis Sutra) mungkin pendek atau panjang dan ramping, dan mungkin tampak ditenun rapat.

Ruby juga bisa berisi jarum yang terdiri dari mineral lain, kristal kecil, zona variasi warna, atau inklusi yang menyerupai sidik jari.

Beberapa inklusi benar-benar dapat berkontribusi secara positif terhadap penampilan permata. Kehadiran sutra rutil menyebabkan cahaya menyebar di seluruh sisi yang mungkin terlalu gelap. Ini menambah kelembutan pada warna dan menyebarkan warnanya lebih merata di atas mahkota rubi.

Jarum yang berpotongan juga bisa menyebabkan efek bintang, disebut asterisme, bila batu itu dipotong dengan permukaan bagian melengkung.